Kamis, 17 April 2014

Ide Gilanya Seorang Tung

ide gila


Masih ingat aksi "bagi-bagi" uang dan tiket seminar senilai Rp.100 juta yang dilakukan Tung Desem Waringin di Stadion Sepak Bola Baladika Kesatrian Serang? Aksi tersebut menimbulkan berbagai jenis komentar. Ada yang memandang sebelah mata, tetapi juga banyak yang justru memuji ide tersebut. Bagaimana tidak? Dengan aksi tersebut, ia semakin dikenal bukan saja di kawasan Asia tetapi juga ke berbagai negara di dunia.

Alasan utama Tung Desem Waringin melakukan aksi tersebut tidak lain adalah sebagai media promosi bagi peluncuran bukunya yang kedua berjudul Marketing Revolution. Ide ini bisa disebut sebagai sebuah perumpamaan dalam strategi marketing. Tung ingin menunjukkan bahwa banyak promosi yang sia-sia dalam pemasaran produknya. Menurutnya, daripada dana promosi tersebut digunakan untuk memasang iklan, baliho, dan sebagainya yang tidak bisa diukur sejauh mana promosi itu dapat sampai, lebih baik uang tersebut dibagikan kepada masyarakat.

Satu hal yang menarik dari Tung Desem ini adalah gaya khasnya yang berbeda dibandingkan motivator lain dalam menyampaikan materi dalam seminar-seminar yang diadakannya. Gaya khas ini misalnya adalah dengan cara menyisipkan joke-joke segar, tertawa bersama, hingga bernyanyi bersama. Ciri ini menjadikan salah satu alasan mengapa tiket seminar-seminar Tung Desem Waringin selalu sold out. Bahkan dalam setiap seminarnya, ia pun tidak segan menceritkan masa lalunya yang jauh dari bahagia, sehingga ketika Tung Desem bercerita sambil menangis, banyak peserta seminar yang juga mengeluarkan air mata mendengar cerita-ceritnya tersebut. 

Selain itu, fakta bahwa Tung Desem adalah seorang motivator dan pengusaha suskeslah yang menjadikan ia sebagai seorang motivator yang berhasil, karena ada sebagian kalangan yang berpikir bahwa profesi motivator hanyalah sebuah profesi yang menarik untung dengan mengandalkan kemampuan berbicara saja dan tidak mempraktekan apa yang mereka sampaikan tersebut pada dirinya sendiri. Istilahnya motivator dituding bisa menjadi kaya hanya dengan menjual kata-kata saja. Tung Desem pun tidak memungkiri bahwa keadaan seperti itu memang terjadi pada sejumlah motivator, namun berbeda dengan yang lain, ia mengatakan bahwa semua yang disampaikannya tentang tip-tip, kiat-kiat, serta soal marketing revolution yang ditulisnya adalah hasil pengalaman hidupnya. Hal itu terbukti dari beragam jenisnya usaha yang ia miliki selalu berhasil dan dapat terlihat dalam strateginya di pasar saham, bisnis properti, hingga bisnis Edugame yang dirambahnya.

Nah itulah ide gila seorang Tung Desem yang sangat kreatif dalam membangun pencitraan dirinya sehingga ia muncul sebagai motivator yang berbeda dari lainnya.

So Keep Calm and Be Creative Guys!..



Dikutip dari Behind The Secret - Hermawan Aksan.


0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *