Kamis, 17 April 2014

Jadilah Penjual Yang Kreatif

creative sales


Berikut ini adalah sebagian dari beberapa ide marketing yang seringkali muncul tiba-tiba. Tolong diadaptasi dulu sebelum diadopsi:

1. Karangan Bunga  
Misal, buka toko baru, maka pesanlah minimal 10 karangan bunga, biar orang lihat dan kesannya wah. Caranya: ajaklah teman-teman anda sesama marketer untuk patungan, dengan demikian mereka berhak memakai karangan bunga itu sewaktu-waktu, oleh karenanya dibuatlah karangan bunga dari bunga plastik atau kertas.

2. Lemming Effect
Bisnis yang ramai makin ramai, bisnis yang sepi makin sepi. Misal baru buka bengkel baru, ajak teman saudara yang nganggur nongkrong, dan motor atau mobilnya parkir, dan buat kesibukan seolah-olah kayak bengkel yang ramai dan sudah berjalan bertahun-tahun.

3. Klien Pertama
Misal anda pemilik Mama Laundry, yang fokus pada pasar korporate. Sekiranya usaha ini baru dibuka, adakah yang mau menjadi kliennya? Hampir-hampir tidak ada kan? Maka tawarkan jasa anda pada tiga perusahaan terkenal semisal, Novotel, Astra, Rumah Sakit. Terus desak mereka menjadi klien anda, kalau perlu kasih gratis. ( Gratisnya cukup sekali saja ). Setelah itu anda berhak membuat brosur atau iklan dengan embel-embel "Novotel, Astra dan Rumah Sakit adalah beberapa perusahaan yang pernah memakai jasa Mama Laundry" Lha siapa yang tidak percaya. he he he :)

4. SMS Request
Misal anda punya Cafe MakNyus. Kirim SMS request ke stasiun radio yang sedang ngadain request lagu via SMS, dan ketiklah SMS yang bunyinya kurang lebih "Minta lagu Sewu Kutho dari Didikempot buat Mbak Laras yang sering nongkrong di cafe MakNyus. Pesan buat mbak Laras, nongkrongnya jangan lama-lama dong, Mentang-mentang kue-kue disana enak-enak ama intrenetan gratis, entar uang jajannya abis lho." Nggak penting lagu Sewu Kutho, atau mbak Laras, nah dengan biaya hampir nol rupiah ribuan orang dikota anda tahu Cafe MakNyus.

5. Konter Informasi
Bikin informasi "Pak Samsi dari Putri Catering harap ke konter informasi, ada pesanan nasi kotak dari DPRD."

6. Bisikan Pelanggan
Membisiki calon kustomer tolo orang lain "Bapak suka main tennis ya? Wah sama dengan saya. Ngomong-ngomong ada toko olahraga baru lho, namanya Blabla (padahal toko anda), kebetulan saya sering kesana, barangnya bagus-bagus lho. Udah begitu murah lagi."

7. Titip Nama
Saat gabung di millis, seminar, memberi testimoni jangan lupa Titip Nama usaha anda.

8. Sisip Nomor
Buat stiker tentang nomor-nomor penting dan sisipkan Nomor usaha anda.

9. Foto Tokoh
Kalau ada tokoh mampir, minta foto bareng. Numpang tenar adalah cara cepat promosi. Jadi inget pas mampir di warung soto sokaraja, Jl. Bank purwokerto, banyak banget foto tokohnya. Ini warung soto atau foto studio, but it's good marketing!

10. ATM (Amati Tiru dan Modivikasi)
Ada AA Gym dan AA Jimi (numpang tenar), Ada KFC dan HFC ayam krispi harga kaki 5 rasa bintang 5 (franchise), Indomie ditempel sama Mie Sedaap (bungkus dan desainnya hampir mirip 90 % cuman namanya aja yang beda).



Dikutip dari: Marketing is Bullshit without creativity by: Ippho Santosa, Tung Desem Waringin.


0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *